Blogger Mata Kuliah Etika Profesi "Universitas Respati Yogyakarta"

Selasa, 19 Mei 2015

TAMAN PINTAR YOGYAKARTA


Menumbuh kembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, permainan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. 
Tujuan:
  • Menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan
  • Memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains
  • Membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains
  • Memberi alternatif wisata sains
Motto:
Mencerdaskan dan menyenangkan

Filosofi:
Mengejawantahkan salah satu ajaran Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara yaitu niteni (memahami), niroake  (menirukan), nambahi (mengembangkan).

Zonasi di Taman Pintar
 
Play Ground
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
  • Tapak Presiden Republik Indonesia
  • Gong Perdamaian
  • Taman Air Menari
  • Koridor Air
  • Desaku Permai
  • Spektrum Warna
  • Dinding Berdendang
  • Sistem Katrol
  • Forum Batu
  • Parabola Berbisik
  • Rumah Batik
  • Rumah Gerabah
  • Wahana Bahari
Gedung Paud
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang disediakan antara lain:
  • Ruang Computer Kids
  • Ruang Petualangan
  • Ruang Profesi
  • Ruang Pertunjukan
  • Ruang Perpustakaan Anak
  • Ruang Religi dan Budaya
  • Ruang Susun Balok

The Adventure of Science

Gedung Oval
Lantai 1

Lantai ini menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan. Adapun beberapa wahana yang disediakan antara lain:
  • Aquarium air tawar
  • Dome Area
  • Kehidupan Prasejarah
  • Titian Sains
  • Harmoni Alam
  • Sistem Tata Surya
Lantai 2
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:
  • Zona Ilmu Bumi
  • TV Cube
  • Zona Teknologi Konstruksi
  • Zona Teknologi Mesin dan Energi
  • Zona Teknologi Telekomunikasi
  • Zona Nuklir
  • Zona Kelistrikan
  • Zona Teknologi Komputer
Gedung Kotak
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:

Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:
  • Exhibition Hall
  • Ruang Audio Visual
  • Radio Anak Jogja
  • Food Court
  • Souvenir Counter
  • Amusement Center
Lantai 2 
Lantai  ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Beberapa zona yang disediakan antara lain:
  • Zona pengolahan minyak dan gas bumi
  • Zona agro
  • Zona air untuk kehidupan
  • Zona warisan leluhur
  • Zona teknologi pengolahan susu
  • Zona teknologi informasi dan komunikasi
  • Zona teknologi otomotif roda dua
Lantai 3
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:
  • Wahana Animasi
  • Zona Science and Technology
  • Theater 4 Dimensi 

Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:
  • Sejarah kesultanan Yogyakarta
  • Sejarah tokoh pendidikan nasional
  • Sejarah presiden R.I.

·        


Zona Teknologi Komunikasi
Di zona Teknologi Komunikasi pengunjung dapat belajar bagaimana teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat lain menggunakan sinyal atau kode tertentu.
Pembelajaran teknologi telekomunikasi dikemas melalui contoh perkembangan alat komunikasi dari yang bersifat manual hingga digital(BTS). Selain itu ditampilkan pula maket dan ICT yang mampu meningkatkan pengetahuan tentang proses terjadinya komunikasi.
Kegiatan interaktif berkomunikasi dapat dilakukan dengan mencoba alat peraga berupa replika smartphone dalam ukuran besar dan dapat digunakan untuk mencoba berkomunikasi dengan berbagai media seperti telepon, sms, e-mail maupun mms.

Zona Kehidupan Purba

Salah satu kehidupan purba yang ditampilkan adalah binatang purba yang hidup sekitar 250 juta tahun yang lalu yaitu Dinosaurus.  Dinosaurus adalah binatang purba yang sangat besar.
Dinosaurus berasal dari dua kata, yaitu : Dino = kadal, Saurus = menakutkan, kejam dan buas.  Jenis dinosaurus yang ditampilkan di zona ini adalah T-Rex atau Tyrannosaurus dan Kentrosaurus yang yang ditampilkan dengan ukuran sangat besar dan salah satunya dilengkapi dengan teknologi robotic.
Dengan teknologi robotic alat peraga ini dapat bergerak pada leher dan kepala dengan gerak putar 30 derajat sembari mulut membuka dan menutup dan mengeluarkan suara. Rangkaian gerakan ini secara otomatis akan berulang setiap 2 menit sekali. Untuk meningkatkan pemahaman ilmu tentang kehidupan purba, alat peraga ini dilengkapi dengan signage dan ICT sehingga pengunjung dapat belajar secara interaktif dan menyenangkan. Manusia Purba, Kehidupan purba lain yang ditampilkan adalah manusia purba.
Sejarah penemuan fosil manusia purba dan beberapa teori yang ada tentang kehidupan manusia di masa lalu seperti Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi ditampilkan dalam suatu ICT. Beberapa karakteristik dari manusia purba seperti Meganthropus Palaeojavanicus dan Pithecanthropus Erectus serta manusia modern seperti manusia Neandertal dan manusia Swanscombe ditampilkan. Selain itu zona ini dilengkapi dengan beberapa replika manusia purba.

ZONA BATIK

Batik merupakan warisan leluhur yang telah diakui dunia sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Seni batik telah ada sebelum berdirinya kerajaan Mataram yang kemudian masuk ke lingkungan Karaton, tumbuh dan berkembang di sana. Seiring waktu, batik tidak lagi hanya digunakan oleh keluarga dan penghuni kerajaan, namun menjadi milik publik dan dipergunakan oleh segala kalangan. Pada zona batik pengujung dapat mengenal kekayaan jenis batik serta tahapan dalam proses pembuatannya.

ZONA TEKNOLOGI OTOMOTIF

Zona otomotif merupakan zona pembelajaran tentang teknologi otomotif khususnya otomotif roda dua.Pengunjung  dapat  menyaksikan bagaimana mesin motor roda dua bekerja melalui gerakan-gerakan simulasi  yang  telah  diprogram.  Selain  itu  disediakan pula dua buah ICT yang dapat digunakan untuk belajar tentang  sejarah  perkembangan  motor  roda  dua  dan  teknologi  terbaru  yang  digunakan. Kegiatan  interaktif  yang  menyenangkan  dapat  dilakukan  melalui  sebuah  seperangkat sepeda  motor  yang  dihubungkan  dengan  suatu  program  sehingga  pengunjung  dapat belajar  cara  berkendara  benar  dan  aman.  Program  tersebut  mensimulasikan  berbagai halangan-halangan tak terduga yang sering dijumpai di jalan sehingga pengunjung serasa berkendara sesungguhnya di jalan raya.

Zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi

Zona Cuaca, Iklim dan Gempa Bumi, merupakan Zona baru yang hadir diTaman Pintar Yogyakarta, didalam Zona ini terdapat Simulator gempa yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat menghadirkan guncangan gempa bumi dengan tingkatan skala menyerupai aslinya. Simulasi menggunakan 10 data gempa bumi yang terjadi di Indonesia, salah satunya gempa Yogya 27 Mei 2006. Selain itu, di Zona cuaca, iklim dan gempa bumi juga terdapat desiminasi informasi gempa bumi dan tsunami, ICT Pembelajaran Cuaca, ICT Pembelajaran Iklim, ICT Pembelajaran Gempa Bumi serta ICT informasi online BMKG yang dapat memberikan informasi mengenai kondisi cuaca, iklim dan data gempa bumi secara real time kepada pengunjung.


0 komentar:

Posting Komentar