Menumbuh kembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains melalui imajinasi, percobaan, permainan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.
Tujuan:
- Menyediakan sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan
- Memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains
- Membantu guru dalam mengembangkan pengajaran di bidang sains
- Memberi alternatif wisata sains
Motto:
Mencerdaskan dan menyenangkan
Filosofi:
Mengejawantahkan salah satu ajaran
Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara yaitu niteni (memahami), niroake
(menirukan), nambahi (mengembangkan).
Zonasi di Taman Pintar
Play Ground
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
Zona penyambutan dan permainan serta sebagai ruang publik bagi pengunjung. Adapun beberapa bagian play ground adalah sebagai berikut:
- Tapak Presiden Republik Indonesia
- Gong Perdamaian
- Taman Air Menari
- Koridor Air
- Desaku Permai
- Spektrum Warna
- Dinding Berdendang
- Sistem Katrol
- Forum Batu
- Parabola Berbisik
- Rumah Batik
- Rumah Gerabah
- Wahana Bahari
Gedung Paud
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang disediakan antara lain:
Zona ini memiliki bagian yang disebut dengan zona Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak usia pra sekolah hingga taman kanak-kanak. Adapun beberapa ruangan yang disediakan antara lain:
- Ruang Computer Kids
- Ruang Petualangan
- Ruang Profesi
- Ruang Pertunjukan
- Ruang Perpustakaan Anak
- Ruang Religi dan Budaya
- Ruang Susun Balok
The Adventure of Science
Gedung Oval
Lantai 1
Lantai ini menjadi zona untuk pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan. Adapun beberapa wahana yang disediakan antara lain:
- Aquarium air tawar
- Dome Area
- Kehidupan Prasejarah
- Titian Sains
- Harmoni Alam
- Sistem Tata Surya
Lantai 2
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:
Lantai ini digunakan sebagai zona untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun beberapa wahana yang ada antara lain:
- Zona Ilmu Bumi
- TV Cube
- Zona Teknologi Konstruksi
- Zona Teknologi Mesin dan Energi
- Zona Teknologi Telekomunikasi
- Zona Nuklir
- Zona Kelistrikan
- Zona Teknologi Komputer
Gedung Kotak
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:
Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:
Gedung ini terdiri atas 3 (tiga) lantai yang fungsinya berbeda satu sama lain. Ketiga lantai tersebut antara lain:
Lantai 1:
Lantai ini berisi saran dan prasarana pelengkap bagi pengunjung yang terdiri atas:
- Exhibition Hall
- Ruang Audio Visual
- Radio Anak Jogja
- Food Court
- Souvenir Counter
- Amusement Center
Lantai 2
Lantai ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa zona yang disediakan antara lain:
Lantai ini terdiri atas berbagai fasilitas untuk mempelajari materi dasar yang terkait dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa zona yang disediakan antara lain:
- Zona pengolahan minyak dan gas bumi
- Zona agro
- Zona air untuk kehidupan
- Zona warisan leluhur
- Zona teknologi pengolahan susu
- Zona teknologi informasi dan komunikasi
- Zona teknologi otomotif roda dua
Lantai 3
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:
Lantai ini menjadi zona kreativitas dan berisi:
- Wahana Animasi
- Zona Science and Technology
- Theater 4 Dimensi
Gedung Memorabilia
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:
Gedung ini berisi dokumen dan foto-foto yang berkaitan dengan sejarah antara lain:
- Sejarah kesultanan Yogyakarta
- Sejarah tokoh pendidikan nasional
- Sejarah presiden R.I.
·
Zona Teknologi
Komunikasi
Di zona Teknologi Komunikasi pengunjung dapat belajar
bagaimana teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat lain menggunakan
sinyal atau kode tertentu.
Pembelajaran teknologi telekomunikasi dikemas melalui contoh
perkembangan alat komunikasi dari yang bersifat manual hingga digital(BTS).
Selain itu ditampilkan pula maket dan ICT yang mampu meningkatkan pengetahuan
tentang proses terjadinya komunikasi.
Kegiatan interaktif berkomunikasi dapat dilakukan dengan
mencoba alat peraga berupa replika smartphone dalam ukuran besar dan dapat
digunakan untuk mencoba berkomunikasi dengan berbagai media seperti telepon,
sms, e-mail maupun mms.
Zona Kehidupan Purba
Salah satu kehidupan
purba yang ditampilkan adalah binatang purba yang hidup sekitar 250 juta tahun
yang lalu yaitu Dinosaurus. Dinosaurus adalah binatang purba yang sangat
besar.
Dinosaurus berasal
dari dua kata, yaitu : Dino = kadal, Saurus = menakutkan, kejam dan buas.
Jenis dinosaurus yang ditampilkan di zona ini adalah T-Rex atau
Tyrannosaurus dan Kentrosaurus yang yang ditampilkan dengan ukuran sangat besar
dan salah satunya dilengkapi dengan teknologi robotic.
Dengan teknologi
robotic alat peraga ini dapat bergerak pada leher dan kepala dengan gerak putar
30 derajat sembari mulut membuka dan menutup dan mengeluarkan suara. Rangkaian
gerakan ini secara otomatis akan berulang setiap 2 menit sekali. Untuk
meningkatkan pemahaman ilmu tentang kehidupan purba, alat peraga ini dilengkapi
dengan signage dan ICT sehingga pengunjung dapat belajar secara interaktif dan
menyenangkan. Manusia Purba, Kehidupan purba lain yang ditampilkan adalah
manusia purba.
Sejarah penemuan
fosil manusia purba dan beberapa teori yang ada tentang kehidupan manusia di
masa lalu seperti Teori Perkembangan Evolusi Antar Waktu Arkeologi Biologi
ditampilkan dalam suatu ICT. Beberapa karakteristik dari manusia purba seperti
Meganthropus Palaeojavanicus dan Pithecanthropus Erectus serta manusia modern
seperti manusia Neandertal dan manusia Swanscombe ditampilkan. Selain itu zona
ini dilengkapi dengan beberapa replika manusia purba.
ZONA BATIK
Batik merupakan
warisan leluhur yang telah diakui dunia sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Seni
batik telah ada sebelum berdirinya kerajaan Mataram yang kemudian masuk ke
lingkungan Karaton, tumbuh dan berkembang di sana. Seiring waktu, batik tidak
lagi hanya digunakan oleh keluarga dan penghuni kerajaan, namun menjadi milik
publik dan dipergunakan oleh segala kalangan. Pada zona batik pengujung dapat
mengenal kekayaan jenis batik serta tahapan dalam proses pembuatannya.
ZONA TEKNOLOGI OTOMOTIF
Zona otomotif merupakan zona pembelajaran tentang
teknologi otomotif khususnya otomotif roda dua.Pengunjung
dapat menyaksikan bagaimana mesin motor roda dua bekerja melalui gerakan-gerakan
simulasi yang telah diprogram. Selain itu
disediakan pula dua buah ICT yang dapat digunakan untuk belajar tentang
sejarah perkembangan motor roda dua dan
teknologi terbaru yang digunakan. Kegiatan
interaktif yang menyenangkan dapat dilakukan
melalui sebuah seperangkat sepeda motor yang
dihubungkan dengan suatu program sehingga
pengunjung dapat belajar cara berkendara benar
dan aman. Program tersebut mensimulasikan
berbagai halangan-halangan tak terduga yang sering dijumpai di jalan sehingga
pengunjung serasa berkendara sesungguhnya di jalan raya.
Zona Cuaca, Iklim & Gempa Bumi
Zona Cuaca, Iklim
dan Gempa Bumi, merupakan Zona baru yang hadir diTaman Pintar Yogyakarta,
didalam Zona ini terdapat Simulator gempa yang sudah terkomputerisasi sehingga
dapat menghadirkan guncangan gempa bumi dengan tingkatan skala menyerupai
aslinya. Simulasi menggunakan 10 data gempa bumi yang terjadi di Indonesia,
salah satunya gempa Yogya 27 Mei 2006. Selain itu, di Zona cuaca, iklim dan
gempa bumi juga terdapat desiminasi informasi gempa bumi dan tsunami, ICT
Pembelajaran Cuaca, ICT Pembelajaran Iklim, ICT Pembelajaran Gempa Bumi serta
ICT informasi online BMKG yang dapat memberikan informasi mengenai kondisi
cuaca, iklim dan data gempa bumi secara real time kepada pengunjung.
0 komentar:
Posting Komentar